Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga

Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga

Dalam 2 tahun terakhir, Suzuki Ertiga telah merajai pasar mobil di Indonesia. Khususnya untuk mobil 7 penumpang atau MPV. Namun, bagaimanakah kondisi Suzuki Ertiga sekarang dengan kehadiran penantang barunya Honda Mobilio? Pabrikan Jepang Honda memang sedang menjajah pasar mobil MPV atau mobil keluarga di Indonesia, yang menjadi sasarannya bukan hanya Suzuki Ertiga, akan tetapi seluruh mobil MPV dengan isi 7 penumpang.

Lalu manakah yang lebih unggul ? Apakah Suzuki Ertiga yang hadir lebih dulu atau Honda Mobilio yang munculnya belakangan ?

Tentu ini bukan perkara mudah karena pada hakikatnya kedua mobil yang berasal dari 2 produsen berbeda ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut Adalah Komparasi Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

1. Desain Eksteriornya.



Desain eksterior Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga boleh dibilang sama-sama manis dan cantik. Namun kedua mobil ini memiliki garis desain yang bertolak belakang satu sama lain. Honda Mobilio cenderung memilih untuk mengadopsi desain sporty dan modern sedangkan Suzuki Ertiga sebaliknya cenderung ke arah desain yang simple namun elegant mulai dari bentuk depan hingga belakang. Menurut kami kedua mobil ini sebenarnya lucu, jika Honda Mobilio terlihat kurang proporsional dari model samping, Suzuki Ertiga justru terlihat kurang proporsional dari belakang.

Yang menarik untuk dibahas, sebenarnya Suzuki Ertiga memiliki segmentasi yang lebih tinggi dibandingkan Honda Mobilio, karena Suzuki Ertiga merupakan Suzuki Swift yang dipanjangkan, ditinggikan dan ditambah kursi penumpang di bagian belakang. Sedangkan Honda Mobilio merupakan Honda Brio Satya LCGC yang dipanjangkan, ditinggikan dan ditambah kursi di baris ketiga, sama seperti Swift ke Ertiga. Untungnya Honda memberikan mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Honda Freed untuk membuat mobil ini menjadi naik kelas.

Suzuki Ertiga
Suzuki ertiga merupakan Low MPV dengan desain yang elegan dan casual, memiliki desain yang lebih lebar dan tinggi, yang unik adalah meskipun panjang body mobilio lebih panjang akan tetapi jarak sumbu roda Ertiga lebih panjang dari mobilio. Jarak sumbu roda yang panjang ini menjadi kelebihan dari Suzuki ertiga dimana mengemudi menjadi lebih stabil dan mudah dikendalikan.


Dimensi Suzuki Ertiga adalah panjang 4265 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1685 mm. Ertiga memiliki keunggulan pada desain eksterior misalnya jumlah baut 5 buah pada velgnya yang lebih kuat dari mobilio,
ertiga memiliki kaca segitiga untuk melihat spion sedangkan mobilio tidak, lampu ertiga lebih baik karena dibekali grave shield


Honda Mobilio
Berbeda dengan Honda mobilio yang menyajikan desain lebih sporty dan agresif. Ukuran mobil honda mobilio adalah panjang keseluruhan 4390, lebar 1680 dan tinggi 1610, dikatakan beberapa pengamat otomotif jika desain honda mobilio yang dikembangkan dari honda brio satya kurang stabil karena memiliki wheelbase yang tidak proporsional dan bagasi pada bagian belakang terlalu jauh dari ban belakang sehingga kurang stabil saat menikung.


1. Desain Interior
 

Bicara soal desain, baik Suzuki Ertiga maupun Honda Mobilio punya konsep yang saling bertolak belakang. Jika Ertiga lebih condong memilih konsep casual, Mobilio justru lebih condong ke sporty.

Membandingkan antara interior Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio jelas lebih mewah Suzuki Ertiga mulai dari desain dan material dashboard, door trim hingga pemilihan bahan kursi yang digunakan. Suzuki Ertiga memiliki interior yang lebih mewah bahkan dibandingkan dengan Nissan Grand Livina sekalipun yang berada setingkat di atasnya. Apalagi Suzuki Ertiga memiliki head unit integrated yang tampil mewah dan dilengkapi dengan kualitas audio yang baik.

Masuk ke dalam interior Mobilio maka kita tidak ubahnya memasuki kabin Honda Brio Satya LCGC yang terlihat kurang menarik. Mulai dari tombol AC, head unit OEM dan desain yang sangat-sangat sederhana tidak mencerminkan kesan mobil mewah. Untungnya door trim yang berbeda dengan Suzuki Ertiga membuat tampilan interior Mobilio sedikit terangkat. Pada Honda Mobilio warna speedometer dan aksen di sekitar AC juga ikut berubah dengan finishing glossy agar tampil lebih mewah. Tapi tetap tidak bisa terlihat lebih mewah dari Ertiga.

Honda mobilio memiliki ruang yang cukup lega karena lebih panjang, meskipun pada kondisi-kondisi tertentu seperti ketika menikung maupun melewati jalan berlubang mobilio kurang stabil dibanding suzuki ertiga.

Sementara untuk ornamen yang melekat seperti AC, door trim, Steer, Kursi dan lain-lain Suzuki ertiga lebih unggul dibanding mobilio baik dari material pembuatannya maupun fleksibilitas dari ornamen interior. Berikut ini adalah gambar-gambar untuk membandingkan ornamen interior ertiga vs mobilio.

Satu yang unik menyangkut keamanan mobil, bahwa ertiga sudah dibekali dengan teknolgi collapsible steering column yang berfungsi jika terjadi tabrakan keras maka batang kemudi akan patah sehingga setir tidak mengenai pengemudi, sedangkan honda mobilio tidak memiliki teknologi ini.

2. Konsumsi bahan bakar

Yang tak kalah penting untuk dibandingkan adalah konsumsi bahan bakar Mobilio dengan Ertiga. Perbedaan ini terbagi dalam 3 bagian. Yaitu saat di dalam kota, luar kota, dan saat kecepatannya ditetapkan konstan. Ketika di dalam kota, Ertiga masih mengungguli Mobilio, karena 1 liter BBM dapat digunakan untuk melintasi 12,8 km berbeda 0,4 km dari Mobilio. dan untuk dipakai dalam kota, Ertiga jauh lebih unggul dibanding Mobilio, berselisih 0,6 km per 1 liter BBM. Namun, ketika melaju dengan kecepatan konstan, yakni 100 km. Lagi-lagi Ertiga lah yang berhasil menempuh jarak lebih banyak, yakni 20,5 km dengan BBm 1 liter. Sedangkan Mobilio hanya bisa menempuh jarak 19 kilometer saja.

3. Kenyamanan

Kenyamanan menjadi nilai penting bagi keluarga Anda bukan? Jok yang digunakan di Suzuki Ertiga masih tetap yang paling nyaman di kelas mobil MPV. Karena memiliki redaman ekstra saat digunakan di jalan yang rata maupun jalan yang penuh tanjakan. Bahan dan kualitas antara dua jok ini sebenarnya memang hampir sama. Bedanya, hanya pada ketebalan jok saja. Suzuki Ertiga memiliki jok yang lebih tebal sehingga ketika dipakai duduk dapat terasa amblas dan nyaman sekali. Untuk berkendara jarak jauh, hal ini tentu sangat menguntungkan.


4. Mesin Ertiga Vs Mobilio

Untuk kemampuan mesin Honda mobilio jauh lebih unggul dimana mesin Mobilio mampu memberikan tenaga sampai 118 tenaga kuda pada putaran mesin 6600 Rpm, sedangkan Suzuki ertiga hanya mampu memberikan tenaga puncak 95 tenaga kuda pada putaran mesin 6000 Rpm. Meskipun begitu sebagai catatan bahwa putaran mesin ertiga lebih rendah untuk menghasilkan tenaga puncak sehingga ertiga juga tidak jelek-jelek amat urusan mesin.


Untuk konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga dan Honda mobilio tercatat sama pada berbagai rute yakni rute perkotaan sama-sama 1:9 , rute jalan bebas hambatan 1:15 dan rute kombinasi 1:11.

5. Harga Ertiga Vs Mobilio
 
Harga Suzuki ertiga lebih mahal dari honda mobilio dimana suzuki ertiga termurah masih dijual dengan harga 188,6 juta rupiah, sedangkan honda mobilio termurah dijual dengan harga 163,5 juta rupiah. Begitu juga dengan varian tertinggi Suzuki ertiga lebih mahal dari mobilio dimana harga varian tertinggi ertiga adalah 219,5 juta akan tetapi varian tertinggi honda mobilio hanya 203 juta rupiah, berikut adalah harga paling update akhir tahun 2014 Suzuki Ertiga



Dibawah ini adalah Harga Honda Mobilio


Secara umum, jika Anda membutuhkan mobil keluarga yang mampu memberikan kemewahan dengan harga yang terjangkau jika dilihat dari fitur yang diberikannya, maka Suzuki Ertiga adalah pilihan yang baik. Namun jika Anda membutuhkan mobil keluarga dengan kabin luas dan performa mumpuni maka Honda Mobilio adalah pilihan yang bijak.

Sampai disini, pilihan kami kembalikan lagi pada selera masing-masing. Jika menurut Anda artikel perbandingan Suzuki Ertiga dan Mobilio ini masih memiliki beberapa poin yang terasa kurang, mohon koreksi.

Artikel di ambil dari berbagai sumber.